Senin, Januari 09, 2012

UAS IMK - Halaman Utama

No. 1 :

Bagian A
1. Download (mengunduh) : proses menerima data (umumnya berbentuk berkas) dari sebuah sistem seperti server web, FTP server, server mail atau sistem serupa lainnya. Unduh juga merupakan kegiatan dimana seseorang dapat memperoleh file-file tertentu yang ada di internet. File yg dapat diunduh bermacam-macam. Ada yang berupa file video, mp3, document, dan lain-lain.

 2. URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber  seperti dokumen  dan gambar di Internet.
URL merupakan suatu inovasi dasar bagi perkembangan sejarah Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web.Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas. contoh : http://www.whn.com/graph/peta.gif

3. Pranala atau hipertaut (bahasa Inggris: hyperlink) adalah sebuah acuan dalam dokumen hipertekshypertext) ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. (
Ada beberapa cara (format) untuk menampilkan pranala pada halaman web. Sebuah embedded link (pranala yang tersimpan) adalah salah satu dari beberapa cara yang biasa digunakan: satu atau lebih dari kata-kata yang menggunakan tipe/gaya teks khusus.
contoh:

4. Subject Directory digunakan  Untuk mencari informasi di Web, Anda tahu alamat web untuk situs tertentu, atau mencari topik yang menarik. Ketika mencari menurut topik, sejumlah besar halaman akan sering diambil dan membuat sulit untuk mengidentifikasi sumber daya yang relevan. direktori Subject membantu untuk meringankan masalah. Subject Direktori:
diciptakan dan dipelihara oleh staf direktori
memungkinkan Anda untuk menelusuri sumber daya internet berdasarkan kategori subyek yang berbeda
memungkinkan Anda untuk mencari dengan kata kunci dalam isi dari direktori
contoh :  Yahoo! Directory 

5. Seacrh Engine / Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdatadirektori web. ataupun
 contoh : googleyahoo!

6. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game.  Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
contoh :  kamus multimedia elektonik, winamp.

7. Thumbnail adalah sekumpulan gambar kecil yang berfungsi untuk melihat semua file atau data dari user.Thumbnail juga memudahkan user untuk memilih image atau gambar dengan cepat dengan sekali klik,maka gambar atau image akan langsung terpilih.
contoh :


8. Animation / Animasi Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan menghidupkan,menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan, kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup. animasi adalah proses penciptaan efek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Animasi juga merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilustrasi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Definisi tersebut mengartikan bahwa benda-benda mati dapat ‘dihidupkan’. Pengertian tersebut hanyalah merupakan istilah yang memiripkan, dalam arti tidak harus diterjemahkan secara denotatif, melainkan simbol yang menyatakan unsur kedekatan.
contoh : 










9. Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan suara, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem - sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan / penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya.
contoh file audio : mp3, wav, midi, aac, wma.

10. Plug ins (plugin, addin, add-in, addon, add-on, snap-in atau snapin) terdiri dari program computer yang berinteraksi dengan host sebuah aplikasi (misalnya, web browser, email client, dll) dalam menyediakan fungsi tambahan yang tertentu dan sangat spesifik.
contoh : Adobe Flash Player, IDM, video download helper.

Bagian B 
1. Portal web adalah situs web yang menyediakan kemampuan tertentu yang dibuat sedemikian rupa mencoba menuruti selera para pengunjungnya. Kemampuan portal yang lebih spesifik adalah penyediaan kandungan informasi yang dapat diakses menggunakan beragam perangkat, misalnya komputer pribadi, komputer jinjing (notebook), PDA (Personal Digital Assistant), atau bahkan telepon genggam. 
contoh : kompas.com 

2.  News adalah komunikasi informasi tentang peristiwa terkini yang disajikan oleh media cetak, siaran, Internet, atau dari mulut ke mulut kepada pihak ketiga atau audiens.
contoh : yahoo! news 

3. Informational / Informasi adalah istilah dengan banyak arti bergantung pada konteks, tetapi sebagai aturan berhubungan erat dengan konsep-konsep seperti arti, pengetahuan, pengajaran, komunikasi, representasi, dan rangsangan mental. Secara sederhana, informasi adalah sebuah pesan diterima dan dipahami. Dalam hal data, dapat didefinisikan sebagai kumpulan fakta dari kesimpulan yang dapat ditarik. Ada banyak aspek lain informasi karena merupakan pengetahuan yang diperoleh melalui studi atau pengalaman atau instruksi. Tapi secara keseluruhan, informasi adalah hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian data dalam suatu cara yang menambah pengetahuan dari orang yang menerimanya.

4. Bussiness / Marketing adalah praktek individu, atau organisasi , termasuk komersial pemerintah bisnis, dan lembaga, memfasilitasi penjualan produk atau jasa kepada perusahaan atau organisasi yang pada gilirannya dijual kembali mereka, gunakan mereka sebagai komponen dalam produk atau jasa yang mereka tawarkan, atau menggunakannya untuk mendukung operasi mereka.
contoh : kaskus

5. Entertaiment / Hiburan terdiri dari kegiatan apapun yang menyediakan pengalihan atau izin orang untuk menghibur diri dalam mereka waktu luang . Hiburan umumnya pasif, seperti menonton opera atau film . aktif bentuk hiburan, seperti rekreasi atau olahraga , lebih sering dianggap sebagai rekreasi.

6. Advocacy adalah mengejar mempengaruhi hasil - termasuk kebijakan publik dan alokasi sumber daya keputusan di dalam politik, ekonomi, dan sistem sosial dan lembaga - yang secara langsung memengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. (Cohen, 2001)Oleh karena itu, advokasi dapat dilihat sebagai proses yang disengaja berbicara mengenai isu-isu kepedulian untuk mengerahkan pengaruh atas nama gagasan atau orang. Berdasarkan definisi ini, Cohen (2001) menyatakan bahwa "ideolog dari semua keyakinan menganjurkan" untuk membawa perubahan dalam kehidupan manusia. Namun, advokasi memiliki banyak interpretasi tergantung pada isu yang dipertaruhkan, yang dapat berbeda dari nilai awal ini definisi netral.

7. Blog adalah sebuah medium untuk penyampaian informasi dengan menggunakan jaringan internet, dengan cara yang lebih egaliter dan dengan semangat globalisme, karena informasi gak cuman milik media mainstream aja, setiap individu juga bisa menyampaikan suaranya, yang sering kali lebih cepat, bebas dan variatif karena tidak berada dibawah suatu jaringan korporat.
contoh : blogspotwordpress.

8.Wikipedia adalah sebuah situs web yang memungkinkan mudah penciptaan dan pengeditan sejumlah halaman web saling terkait melalui web browser menggunakan bahasa markup yang disederhanakan atau editor teks.Wikis biasanya didukung oleh perangkat lunak wiki dan sering digunakan untuk membuat website kolaboratif, website komunitas berkuasa, untuk mengambil catatan pribadi, di intranet perusahaan, dan dalam sistem manajemen pengetahuan.
Wiki mungkin ada untuk melayani suatu tujuan tertentu, dan dalam kasus seperti itu, pengguna menggunakan hak editorial mereka untuk menghapus materi yang dianggap "off topic". Seperti itu adalah kasus kolaboratif bebas Wikipedia.Sebaliknya, tujuan buka wiki menerima konten tanpa aturan perusahaan mengenai bagaimana isi harus diatur.
Contoh: wikipedia indonesia

9. Content Agregrator   adalah individu atau organisasi yang mengumpulkan konten Web (dan aplikasi / atau kadang-kadang) dari sumber online yang berbeda untuk digunakan kembali atau dijual kembali. Ada dua jenis konten agregator: (1) mereka yang hanya mengumpulkan bahan dari berbagai sumber untuk situs Web mereka, dan (2) orang-orang yang mengumpulkan dan mendistribusikan konten untuk memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.
Contoh Jurnalist

10. Personal
Personal halaman web yang dikelola oleh individu swasta.
contoh : yeahh.web.id



No. 2 :

Dalam piranti interaksi terdapat alat input Keyboard (Qwerty model, Dvorak model dan ABC model)

1. Qwerty keyboard model adalah salah satu jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard. Tata letak QWERTY ini pertama kali digunakan pada sebuah mesin tik buatan E. Remington pada tahun 1874. Dinamakan demikian karena tombol-tombol huruf Q, W, E, R, T, dan Y berada secara berurutan seperti terlihat dalam baris paling atas dari papan ketik ini (yaitu yang dipakai pada kebanyakan keyboard komputer saat ini).

2. Dvorak keyboard model adalah salah satu keyboard layout yang dipatenkan oleh August Dvorak. Layout ini dibuat dengan berdasarkan penelitian pada typist, bahasa, serta anatomi tangan manusia. Layout ini diklaim lebih efisien daripada layout konvensional.

3. ABC keyboard model adalah keyboard yang di buat dan di peruntukan bagi mereka yang masih baru belajar mengetik... Hal ini di karenakan tata letak yang berurutan dari A-Z memudahkan bagi sebagian besar pengguna yang masih canggung dengan keyboard model Dvorak ataupun Qwerty.


No. 3 :

Dalam piranti interaksi terdapat alat output (Monitor dan Printer).
a. Jelaskan masing-masing perbedaan jenis monitor yang ada (CRT, LCD, Plasma dan LED)
b. Jelaskan masing-masing perbedaan jenis printer yang ada (Dot matrix, Inkjet, Thermal, Laserjet dan Plotter)
 
a. Perbedaan jenis monitor : 

- CRT adalah monitor dengan teknologi termurah dan paling banyak ditemui saat ini. Cara kerja monitor CRT adalah dengan menembakkan elektron yang dihasilkan oleh tabung elektron ke lapisan fosfor pada layar monitor. Lapisan fosfor yang terkena tembakan elektron akan berpendar selama beberapa waktu dan pendaran fosfor inilah yang menghasilkan citra pada layar monitor dan Tertangkap oleh mata kita.
Dari ketiga tipe teknologi monitor, CRT adalah teknologi yang termurah dengan resolusi yang cukup baik. Walaupun begitu, CRT punya kekurangan berupa ukurannya yang besar (karena menggunakan tabung elektron), butuh daya listrik yang banyak, dan radiasi elektromagnetiknya cukup kuat.

- LCD : Tak seperti CRT, monitor dengan teknologi LCD tidak lagi menggunakan tabung elektron, namun menggunakan sejenis kristal cair yang dapat berpendar. Tidak digunakannya tabung elektron tentu saja membuat perbedaan yang besar pada daya listrik yang digunakan. Hal ini juga membuat layar LCD dapat dibuat sangat kecil sehingga dapat digunakan pada peralatan yang portabel seperti jam, laptop, kalkulator, dan sebagainya.

- PLASMA : Plasma gas merupakan teknologi monitor dengan display datar. Dengan teknologi plasma gas, ketipisan layar dapat dibuat sebanding dengan LCD, namun memiliki karakteristik citra yang lebih baik dan ukuran layar yang lebih besar. Plasma gas menggunakan fosfor untuk menghasilkan cahaya seperti halnya CRT. Perbedaannya adalah bagaimana energi diberikan kepada fosfor agar fosfor berpendar. Pada plasma gas, tiap sel warna memiliki gas yang bertekanan rendah yang terletak di belakangnya. Tegangan tinggi pada elektroda sel tersebut akan membuat gas bergerak mengarah ke plasma. Radiasi ultraviolet yang dihasilkannya akan mengeksitasi fosfor pada layar dan akan memendarkannya sehingga tertangkap oleh mata kita. Hal ini membuat layar plasma gas berpendar tanpa perlu adanya bantuan cahaya dari belakang layar. Kontras pada plasma gas akan lebih baik dibandingkan LCD.
Tampilan pada monitor plasma gas dapat dibuat lebih besar dibandingkan LCD. Ukuran terbesar yang sedang dikembangkan pada plasma gas sudah mencapai 40 inci, sementara LCD baru mencapai 20 inci. Selain itu, sudut pandang pada plasma gas dapat selebar CRT. Kalau Anda suka menonton pertandingan olah raga atau musik, layar monitor raksasa yang dipasang di sudut-sudut arena tertentu menggunakan teknologi ini.

- LED : Dirancang untuk aplikasi warna yang sangat teliti, seperti desktop publishing, editing video dan fotografi serta desain grafis, XL30 menguntungkan para profesional yang membutuhkan temperatur warna yang akurat, tracking detail garis-garis warna, keseragaman kualitas brightness dan reproduksi warna. Dibandingkan dengan layar LCD terdahulu yang umumnya memiliki 82 persen NTSC color gamut standar, monitor SyncMaster XL30 yang baru ini memiliki LED BLU yang unik dan memiliki hingga 123% NTSC color gamut. LED BLU membuat XL30 mampu secara signifikan menghasilkan imej yang lebih baik dengan warna-warna alami dan mendukung warna natural Adobe RGB secara menyeluruh.
Layar monitor XL30 dilengkapi Color Management System (CMS) yang dapat menampilkan warna lebih nyata serta jernih. CMS termasuk kalibrasi warna, memiliki kontrol kualitas yang akurat, dan Image Viewer, alat yang dapat mengkoreksi perbedaan warna antara monitor dan mesin cetak. Keunggulan lainnya, XL30 mempunyai piranti lunak Natural Color Expert yang dapat menyesuaikan profil warna pada monitor sehingga sesuai dengan warna yang diinginkan.

b. Perbedaan jenis printer : 


- Dot Matrix adalah system pembentukkan karakter dari sejumlah titk-titik Printer dot matrix mempunyai element yang terdiri dari jarum-jarum yang menekan pita sehingga dapat mencetak pada kertas. Cara mencetak tersebut dinamakan impact. Kelebihan dari printer ini adalah kecepatan cetaknya yang mencapai 400 cps, yaitu lima kali lebih cepat dan dapat mencetak graflk, tetapi kulaitas hurufnya tidak sebagus letter Quality. Kelemahan Cara printer ini bekerja adalah mencetak dari kiri ke kanan , kemudian dari kanan ke kiri pada baris berikutnya sehingga untuk mencetak satu baris teks menjadi lambat.

- Ink jet 
Printer Ink jet  : menggunakan tinta. 'Penyemprotannya" menggunakan muatan listrik Sehingga lebih tenang dan mempunyai kecepatan tinggi yaitu s/d 270 cps, Dan dapat ditengkapi dengan tinta berwarna. Kelemahannya ink jet printer harus menggunakan kertas khusus sehingga cetakan harus kering sebelum wama lain menimpanya.

- Laser Printer
Cara kerja printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy, perbedaanya pada mesin fotocopy bayangannya difokuskan pada silinder yang berputar sedangkan laser printer bayangannya diciptakan dengan titik per titik oleh semiconductor laser. Kualitas tulisan laser hampir sama dengan letter quality karena 1cm terdih dad 750 titik-titik. Kecepatan mencetaknya adalah 8 halaman permenit

- Plotter merupakan salah satu peralatan output yang digunakan untuk menggambar grafik dan lain-lain. Perbedaannya dengan printer menggunakan sistem digital, yaitu analog. Contoh plotter grafik adalah ECG(Electro Cardiograph) yaitu alat yang digunakan untuk mengetahui potensial dari denyutan jantung, atau jarum seismograph untuk mencatat getaran bumi. Plotter dapat menggambar grafik pada kertas, plastik, maupun pada plastik transparan untuk digunakan dalam proyektor

no. 4 : Halaman Link ( aplikasi yahoo! messenger)


no. 5 : Aplikasi meter ( histat )